Rabu, 30 Maret 2011

TKI Jember Tewas di Malaysia, Lagi..Lagi....

Kecelakaan Kerja
 
      Kismantio (28), tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Dusun Pucukan, Desa Sidmulyo, Kecamatan Semboro, Kabupaten Jember, Jawa Timur, tewas di tempat kerjanya di Malaysia.
 
         Jenazah Kismantio tiba di rumah duka, Rabu (30/3/2011) sekitar pukul 01.00 WIB, disambut isak tangis keluarga yang sudah berkumpul sejak beberapa jam sebelumnya.

          Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Jember Ahmad Mufti mengatakan, Kismantio meninggal dunia pada Minggu (27/3/2011) lalu karena kecelakaan kerja di Malaysia.

         "TKI asal Desa Sidomulyo itu bekerja sebagai buruh bangunan di salah satu kontraktor di Malaysia, dan diduga meninggal dunia karena terjatuh saat yang bersangkutan bekerja," tuturnya.

         Kismantio berangkat ke Malaysia sekitar bulan Maret 2010, dengan proses penempatan mandiri atau perorangan sehingga tanpa melalui Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS).
      
         "Almarhum Kismantio berangkat ke Malaysia sendiri, setelah dihubungi oleh saudara sepupunya yang sudah bekerja lama di Malaysia," ucap aktivis buruh migran itu.
         
          Sesuai dengan aturan, lanjut dia, majikan yang mempekerjakan almarhum harus membayar gajinya selama yang bersangkutan bekerja dan seluruh barang milik korban kecelakaan kerja itu harus disampaikan kepada keluarga korban.

           "Sisa gaji yang belum terbayar harus diberikan kepada pihak keluarga korban. Biasanya TKI yang bekerja di luar negeri juga mendapat asuransi, apabila yang bersangkutan meninggal dunia," ujarnya menambahkan.
 
             Jenazah buruh migran Kismantio rencananya dimakamkan hari ini di tempat pemakaman umum (TPU) desa setempat. Almarhum meninggalkan seorang istri bernama Siti Kasiah dan seorang anak yang berusia tujuh tahun. 

Sumber: Kompas.Com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar